Friday, September 23, 2011

Satelit UARS Akan Jatuh Ke Bumi

JAKARTA - Pecahan dari bangkai satelit UARS yang akan jatuh ke Bumi memang tidak berbahaya dan mengandung zat beracun. Namun serpihan terbesar dari UARS memiliki bobot hingga 159 kg.

Bangkai satelit dari Upper Atmosphere Research Satellite (UARS) memiliki berat keseluruhan mencapai 6 ton. Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menjelaskan ketika UARS memasuki atmosfer ada 26 bagian dari komponen UARS yang tidak hangus terbakar oleh gesekan atmosfer.

"Ada sekira 26 bagian dari komponen satelit UARS yang tidak terbakar di atmosfer dan jatuh ke Bumi. Paling besar memiliki bobot mencapai 159 kg, sedangkan terkecil memiliki bobot hanya 1 kg. Namun dipastikan bahwa komponen dari UARS tidak mengandung zat berbahaya, hanya saja masyarakat diminta tetap waspada kalau saja benda tersebut jatuh ke pemukiman penduduk," jelas Thomas Jamaluddin, Ketua LAPAN kepada okezone, Jumat (23/9/2011).

NASA menyatakan jika ini merupakan bobot yang cukup besar mengingat belum pernah ada bangkai atau sampah antariksa seberat itu yang jatuh ke Bumi di masa lalu.

"Masyarakat diminta untuk tenang dan tak perlu khawatir, karena serpihan bangkai satelit UARS tidak mengandung radio aktif, sehingga tidak akan menimbulkan kontaminasi atau beracun," tutupnya.

Sumber : okezone.com

No comments:

Post a Comment