Wednesday, February 1, 2012

Toshiba Regza GL1 Tanpa Kacamata 3D

  
Sekarang sedang banyak teknologi terbaru yang mulaibermunculan, khususnya pada gadget dan perangkat elektronik lainnya. SepertiAndroid di perangkat smartphone yang sekarang menjadi trend. TV pun juga sama,dengan 3D TV, Smart TV maupun Android TV.

Untuk Smart TV dan Android TV, rasanya orang lebihmenyukai keduanya dibandingkan dengan 3D TV. Salah satu alasannya adalahkeluhan mengenai efek samping dari menonton film 3D. Beberapa perusahaanelektronik telah menemukan solusinya. Seperti LG dengan solusi menggunakankacamata 3D pasif yang tidak menggunakan perangkat elektronik, sehingga flickerfree dan no crosstalk.

Perusahaan lainnya, Toshiba menemukan solusi lainnya,yaitu 3D TV tanpa kacamata 3D. Mereka menemukan solusi ini karena banyakmendapat keluhan mengenai kacamata 3D miliknya, seperti menyebabkan iritasi danlainnya.

  

Merek 3D TV tersebut adalah Toshiba Regza GL1Glasses-less 3D TV. Teknologinya adalah menggunakan integral imaging system danlenticular sheet untuk menghasilkan gambar yang halus dan alami serta metodepenyinaran dari berbagai sudut untuk menciptakan efek stereoskopik.

Kemudian menggabungkan gambar digital dengan doubleconvex sheet untuk membuat gambar yang penuh dengan kedalaman dari sudutmanapun dengan menggunakan parallax. Pengolahan multimedia menggunakanteknologi cell REGZA engine dan cell broadband engine.

Integral imaging system dan lenticular sheet adalahkemampuan menghasilkan sembilan gambar parallax atau efek perubahan komposisigambar dengan sudut berbeda dari satu gambar orisinal. Sembilan gambar parallaxtersebut berfungsi untuk mengubah konten asli menjadi gambar 3D. Disebut jugasebagai fitur konversi 2D ke 3D.




Untuk sementara ini, baru ada 2 ukuran Toshiba Regza GL1Glasses-less 3D TV. Yang pertama berukuran 12 inch dan yang kedua berukuran 20inch.



Jika kita perhatikan, sepintas 3D TV yang berukuran 12inch terlihat seperti Tablet PC. Namun untuk yang berukuran 12 inch masihterdapat kekurangan, yaitu gambarnya sedikit pecah. Hal tersebut dikarenakanresolusinya masih kecil. Toshiba Regza GL1 Glasses-less 3D TV seluas 12 inchini memiliki resolusi 466 x 350 piksel. Harganya sekitar Rp 10.000.000,-


Berbeda dengan yang berukuran 20 inch. Toshiba Regza GL1Glasses-less 3D TV dengan layar seluas 20 inch ini memiliki resolusi 1.280 x720 piksel. Sehingga kita dapat lebih jelas menikmati tayangan 3D tanpamenggunakan kacamata 3D. Harganya pun lebih tinggi, yaitu sekitar Rp25.000.000,-


Bahkan Toshiba berencana akan memamerkan Toshiba RegzaGL1 Glasses-less 3D TV dengan layar seluas 55 inch di Indonesia pada bulanApril 2012. Ukuran 3D TV Toshiba ini sama seperti Samsung yang telahmemperkenalkan prototipe 3D TV tanpa kacamata 3D dengan layar 55 inchberesolusi 1.920 x 1.080 piksel.



Spesifikasi Toshiba Regza GL1 Glasses-less 3D TV :
1.      Fitur Konversi 2D ke 3D
2.      Menggunakan teknologi integral imaging systemdan lenticular sheet
3.      Teknologi cell REGZA engine dan cell broadbandengine untuk memberikan pengolahan multimedia
4.      Ada 2 model, yaitu 12 inch dan 20 inch :
·        Toshiba Regza GL1 Glasses-less 3D TV 12 inch,
a)      resolusi466 x 350 piksel
b)      harganyasekitar Rp 10.000.000,-

·        Toshiba Regza GL1 Glasses-less 3D TV 20 inch,
a)      resolusi1.280 x 720 piksel
b)      harganyasekitar Rp 25.000.000,-



Demikian informasi ini, semoga aja kedepannya akan adateknologi yang lebih canggih lagi ya. Bukan hanya di bidang televisi dan perangkatelektronik, namun bisa juga ke transportasi. Bisa aja mobil Android hinggamobil terbang. Bagaimanpun juga perkembangan teknologi berawal dari sebuahimajinasi.

Mari kita berimajinasi sekreatif mungkin dan realisasikanagar imajinasi tersebut menjadi kenyataan. Imajine it and make it happen.



Sumber gambar :


No comments:

Post a Comment