Sunday, January 29, 2012

Tips Memilih Blog Hosting


Belakangan ini teknologi mempengaruhi segala bidang. Baikitu berupa gadget, peralatan elektronik hingga hal-hal yang tradisional. Salah satunyaadalah menulis. Dulu, kita sering menulis apapun di buku harian kita. Namun sekarang,kebanyakan dari kita telah beralih dari buku harian ke media online, sepertiblog misalnya.

Blog bisa dijadikan tempat untuk menulis berbagai hal. Mulaidari kegiatan kita sehari-hari, hal yang spesial maupun berita atau informasilainnya sesuai dengan keinginan kita. Ada juga blogger yang memanfaatkan blogsebagai salah satu penghasilan tambahan, misalnya melalui adsense.

Ada banyak blog hosting yang biasa digunakan parablogger. Yang paling terkenal adalah blogspot dan wordpress. Keduanya memilikikelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk itu, kita harus cermat dalammemilih blog hosting agar kita merasa nyaman.

Setidaknya minimal ada beberapa hal yang dapat kitagunakan sebagai acuan kita dalam memilih blog, yaitu sebagai berikut :


  • User Friendly


Kemudahan dalam tampilan dan penggunaannya dapat menjadisalah satu faktor yang membuat blog hosting tersebut digunakan banyak blogger. Biasanyaorang yang baru menjadi blogger lebih suka tampilan yang simple dan mudah. Merekaenggan untuk tampilan dashboard dan menu yang rumit dalam membuat blog.




  • Kompatibilitasterhadap dukungan script


Maksudnya adalah blog yang lebih baik adalah blog yangmemiliki dukungan script, baik dukungan untuk bahasa web standar seperti HTML(Hypertext Markup Languange) hingga bahasa web yang lebih kompleks sepertijavascript, java applet, php dan bahasa web lainnya.

Semakin kompleks bahasa web yang digunakan dapat membuatblog menjadi semakin baik dan unik. Kita dapat bebas berkreasi dan meningkatkankemampuan web kita apabila kita menggunakan blog yang dapat mendukung scriptbahasa internet yang lebih banyak dan kompleks. Berbeda sekali dengan blog yangkurang mendukung script, kemampuan kita menjadi tetap dan kurang berkembang.




  • Konektifitas



Konektifitas server blog tentu saja akan berpengaruh padakecepatan akses blog tersebut. Ada blog hosting yang memiliki kecepatan aksesbagus dan ada juga yang kurang bagus. Padahal konektifitas merupakan salah satuhal yang cukup penting dalam membuat dan membaca blog.

Para pengunjung blog kita biasanya enggan untuk membukakembali blog kita karena masalah koneksi yang lambat. Untuk itu, kita harusteliti dalam memilih sebuah blog hosting sesuai dengan konektifitasnya.




  • Keamanan

Faktor keamanan dalam sebuah blog cukup penting bagikenyamanan para blogger. Untuk memeriksa keamanan layanan blog hosting kitadapat melihatnya di berbagai situs pemeriksa keamanan, seperti situspacketstormsecurity.org misalnya.

Contohnya, jika kita ingin memeriksa keamanan layananblogspot, kita dapat mengetik kata blogspot di bagian search pada situspacketstormsecurity.org atau klik http://packetstormsecurity.org/search/?q=blogspot. Sedangkanuntuk memeriksa keamanan layanan wordpress, kita ketik wordpress di bagiansearch atau klik http://packetstormsecurity.org/search/?q=wordpress. 

Dari packetstormsecurity.org, kita dapat melihat keamananlayanan blog hosting. Di wordpress terlihat ada 727 kelemahan, baik yang berupaSQL Injection atau pencurian data dengan memanipulasi perintah mysql, XSSscripting dan kelemahan lainnya.


Sedangkan untuk blogspot hanya ditemukan 1 kelemahan saja, yaitu scripting attack. 


Lagipula kita juga tahu siapa yang berada di belakang layar blogspot, yaituGoogle. Dengan bantuan dan back up dari Google, maka blogspot lebih unggul dariwordpress dari berbagai layanan dan fiturnya. Namun untuk blogger pemulamungkin lebih tertarik dengan wordpress, karena tampilannya yang lebih simple.

Itu adalah beberapa faktor yang dapat kita jadikanpatokan dalam memilih blog hosting. Tapi bagi kita para blogger yang telahmemiliki blog, maka tak usah mengganti blog yang telah kita gunakan. Karena sayangsekali jika kita ganti. Blog tersebut mungkin sudah banyak pengunjungnya danmungkin juga sudah terindeks di Google serta memiliki pagerank yang bagus.

Demikian tips memilih blog hosting ini saya buat, apabilaada informasi yang kurang atau salah silahkan dikomentari ya. Saya juga masihamatiran, semoga saja informasi ini dapat berguna dan bermanfaat bagi kitasemua.



Sumber gambar :


No comments:

Post a Comment