Thursday, July 21, 2011

I Love You, HARD PANEL IPS – Part 2

Menyambung tulisan sebelumnya : I Love You, Hard Panel IPS – Part 1, sekarang ini HARD PANEL IPS merupakan teknologi yang tercanggih, bahkan teknologi tersebut mampu menjadi yang terbaik dalam dunia 3D, seperti 3D TV. Resolusi dan kualitas gambar yang dihasilkan dengan menggunakan panel ini jadi lebih bagus dan lebih baik.

Pada HARD PANEL IPS, warna yang ditampilkan tampak lebih akurat dan lebih jelas dari berbagai sudut pandang, mau itu dari depan maupun dari samping. Sedangkan kalau PANEL VA, warna yang ditampilkan hanya warna nyata aja. Berikut ini contoh gambarnya:




Pada HARD PANEL IPS juga kristal cairnya bergerak secara horisontal. Sehingga, metode ini memiliki kecepatan respon yang lebih cepat, struktur piksel yang lebih sederhana dan juga pastinya sudut pandang yang lebih luas. Kemudian juga pergantian warnanya jauh lebih baik dan 20 kali lebih cepat dari PANEL VA.

Tentang respon gambar, teknologi ini menjadi yang terbaik karena MPRT (Motion Picture Response Time) atau waktu respon gambarnya lebih cepat dibandingkan dengan PANEL VA. Dalam satuan detik, saat kita sedang menyaksikan film, sebenarnya gambar yang ditampilkan berlanjut dan bergerak terus. Hitungannya dalam satuan Hz (Hertz), misalkan 260Hz, artinya dalam satu detik mampu melanjutkan gambar sebanyak 260 gambar.

 
Sedangkan kalau lebih lambat MPRT-nya, maka gambar yang dihasilkan jadi blur atau kurang jelas. Ini menandakan bahwa kemampuan respon panel tersebut juga lebih lambat. Jadi MPRT atau waktu respon ini juga merupakan salah satu inti dari sebuah keunggulan dalam teknologi yang digunakan oleh Panel.





Dengan berbagai keunggulan di berbagai bidang, dalam resolusi, kualitas dan lainnya, tentu saja HARD PANEL IPS ini lebih disukai sehingga banyak digunakan dalam berbagai produk elektronik. Seperti perusahaan elektronik Apple yang menggunakan panel tersebut untuk iPhone-nya, dan beberapa perusahaan elektronik besar lain, seperti HP, Siemens, dan juga Sony.


Dalam teknologi panel yang dipasang, beberapa perusahaan elektronik menggunakan HARD PANEL IPS untuk produk TV-nya, baik pada 2D TV maupun 3D TV. Selain itu, juga ada perusahaan bidang komunikasi yang menggunakan panel tersebut untuk dipasang pada perangkatnya, baik handphone maupun lainnya, misalnya perusahaan LG Electronics, Panasonic, Philips, Toshiba, Vizio, Changhong, Haier, Hisense, Konka, Skyworth, dan TCL.


 
Kemudian juga, HARD PANEL IPS ini tersedia dalam berbagai ukuran, yang tentunya ukuran tersebut lebih besar dari biasa. Seperti ukuran 42” dan ukuran 47”. Misalnya ukuran 42" 10% lebih besar dibandingkan dengan ukuran 40" dengan luasnya yang berbeda 12,1". Kemudian untuk yang 47" memiliki ukuran 5% lebih besar dibandingkan dengan 46" dengan luas perbedaannya sebesar 8,4".


Itu semua adalah informasi yang saya tahu tentang HARD PANEL IPS ini, yang menurut saya lebih bagus dan lebih baik dibandingkan PANEL VA. Semoga dengan informasi ini, kita semua bisa lebih kenal dan  lebih menyukainya karena sekarang tanpa kita sadari sudah banyak yang menggunakan teknologi ini, baik peralatan elektronik di rumah kita, kantor, maupun di tempat umum.

No comments:

Post a Comment