Sunday, July 10, 2011

Tips dan Trik Android

1. Mengkoneksikan ke PC
Saat mengkoneksikan ponsel atau tablet Android ke komputer, kartu memori harus di-mount agar dapat dibaca oleh komputer. Pada Android Froyo, untuk melakukan ini kamu tinggal men-tap-tarik bar notifikasi yang ada di atas layar. Tap (USB conected), lalu pilih opsi (Mount) atau (Turn on USB storage). Tunggu beberapa saat, maka kartu memoru kamu akan terbaca di komputer.

2. Mengelola Folder

Mengatur agar data-data yang kamu terima dari transferan Bluetooth terkumpul langsung dalam sebuah folder atau kamu ingin beberapa aplikasi penting yang sudah tampil di homescreen terkumpul dalam satu tempat, dapat dilakukan dengan mudah. Tap-tahan lama layar homescreen lalu pilih (Folders) dari menu yang akan muncul. Untuk mengumpulkan aplikasi, pilih (New folder). Masukkan aplikasi-aplikasi dengan men-tap-tarik ke folder yang sudah dibuat. Untuk data transferan Bluetooth, kamu bsia memilih opsi (Received List from Bluetooth)

3. Pakai Keyboard Baru

Banyak aplikasi yang memungkinkan kamu untuk mengubah tata letak keyboard virtual. Namun, aplikasi atau keyboard baru itu diaktifkan dulu. Sebabnya, walaupun sudah diinstal, keyboard baru tidak secara otomatis dapat digunakan.
Untuk mengaktifkannnya, coab jalankan salah satu aplikasi yang memerlukan keyboard dalam penegelolaannya, seperti SMS atau  e-mail. Tap-tahan pada kotak isian teks, lalu pilih opsi (Input method yang muncul. Pilih aplikasi keyboard baru yang sudah diinstal, maak layout baru keyboard akan diterapkan.

4. Shortcut Nomor Kontak
Jika ada nomor kontak yang sering dihubungi, kamu bisa menaruh nama kontak tersebut ke homescreen. Caranya, buka daftar kontak, lalu pilih salah satu nama kontak. Tap-tahan nama kontak tersebut hingga muncul pilihan. Pilih (Add to homescreen).

5. Mengganti Tampilan
Ada beberapa cara untuk mempersonalisasi tampilan ponsel Android kamu. Salah satunya adalah dengan mengganti wallpaper.
Pada Android 2.2 ke atas, kamu bisa menggunakan wallpapar diam atau wallpaper beranimasi (live wallpaper). Cara mengakatifkannya, tap-tahan layar homescreen, lalu pilih (Wallpapers). Jika ingin menggunakan foto koleksi sebagai wallpaper, masukkalah ke (Galery) dan pilih foto. Untuk wallpapaer animasi, pilih (Live Wallpapaers) dan pilih wallpapaer "hidup" yang tersedia.

6. Cara Cepat Masuk ke Setting
Ada beberpa cara untuk masuk ke aplikasi "settings" yang mengatur semua setting sistem Android. Salah satunya adalah dengan menekan tombol menu di layar homescreen. Tombol ini biasanaya berada di sisi paling kiri rangkaian tombol homescreen, namun setiap vendor memeberikan ikon yang berbeda untuk tombol ini. Tap tombol tersebut, lalu pilih (Settings) untuk masuk ke settings. Pilih (Notifications) jika ingin masuk ke jendela notifiaksi.

7.Mengaktifkan Widgets

Salah satu kelebihan Android adalah kemudahan untuk menambahkan aplikasi mungil untuk berjalan di layar homescreen yang biasanya disebut widget). Beberapa pilihan widget bagus juga ada di Android Market. Beberapa aplikasi seperti Facebook bahkan juga menyediakan fungsi sebagai widget selain sebagai aplikasi.
Untuk menahgaktifkan widget, pilih layar homescreen yang masih kosong, lalu tap-tahan layar homescreen dan pilih (Widgets). Selain widget standar bawaan sistem, beberapa vendor juga menyediakan widget khas. Kamu bisa memelih beragam widget, mulai dari jam, messaging, musik, hingga soal navigasi. Pilih salah satu dan widget akan muncul di layar homescreen yang masih kosong.

8. Pilih Aplikasi yang Berjalan
Android bisa melakukan multitasking. Beberapa apliaksi yang sudah dibuat sebelummnya akan berjalan di belakang layar. Untuk mengakatifkan kembali aplikasi di belakang layar tersbut, tap-tahan agak lama tombol (Home) bergambar rumah di ponsel. Aplikasi akan menampilkan jajaran ikon aplikasi yang sedang aktif di sistem. Pilih salah satu aplikasi untuik menjalaknnaya lagi.

9.Membuat Shortcut Aplikasi

Jika ada aplikasi yang sering kamu pakai, kamu bisa membuat shortcut-nya di layar homescreen. Caranya, buka jendela berisi aplikasi-aplikasi yang terinstal, lalu tap-tahan yang hendak dibuat shortcutnya. Tunggu beberapa saat hingga layar homescreen muncul. Selanjutnya, lepaskan jarimu dari layar. Ikon shortcut aplikasi kan muncul. Untuk menghapus shortcut di homescreen, tap-tahan shortcut lalau tarik ke arah ikon recycle bin yang muncul.

10. Task Killer Bawaan
Banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan agar mudah mematikan aplikasi yang sedang berjalan di belakang layar. Namun sistem Android sebenarnya juga membawa fungsi tersebut. Untuk mengaktifkannya, masuk ke (Settings) > (Apllications) > (Manage Apllications) dan tap tab (Running). Pilih salah aatu aplikasi yang hendak dinonaktifkan, lalu pilih (Force stop). Cara lain, tekan-tahan tombol Home hingga muncul apliaksi yang sedang berjalan atau aktif, lalu pilih (Task Manager). Pilih applikasi, lalu tap (End).

No comments:

Post a Comment