Wednesday, October 26, 2011

Google Person Finder : Layanan Google Pencari Orang Hilang

 Seiring perkembangan teknologi, banyak manfaat yang dapatkita rasakan. Teknologi bisa digunakan untuk berbagai kepentingan, terutamauntuk membantu kegiatan kita di tengah-tengah kehidupan sosial dan kesibukanpekerjaan kita sehari-harinya. Ada juga layanan yang dapat membantu kita dalamberbagai hal, misalnya adalah Google Person Finder untuk menemukan orang yangsedang kita cari.

Sebagaimana telah kita ketahui, beberapa waktu laluterjadi gempa besar yang menggemparkan Turki. Dilaporkan ada banyak korban jiwadan korban luka-luka, serta banyak orang hilang yang sampai saat ini masihdicari. Pencarian dilakukan baik secara manual maupun dengan menggunakan saranateknologi yang memadai, untuk itu Google mengaktifkan layanan Google PersonFinder yang bisa kita gunakan secara gratis.


Layanan Google Person Finder merupakan sebuah bentukkepedulian Google untuk membantu kita menemukan orang yang sedang kita carimelalui informasi yang ada. Cara menggunakannya adalah dengan membuka situsGoogle Person Finder di googlepersonfinder.appspot.com.karena sementara ini sedang terjadi bencana gempa di Turkey, maka pilihanwilayah yang tersedia hanya Turkey.

Kemudian kita klik wilayah turkey-2011 tersebut, nantinya akan muncul langkah selanjutnya seperti ini :


Jika kita ingin mencari orang yang belum kita temukan, kita bisa meng-klik tulisan "I'm looking for someone" di kolom yang berwarna hijau. Kemudian akan ditampilkan langkah selanjutnya, yaitu pencarian orang melalui namanya.

Kemudian bisa kita masukan nama orang yang sedang kita ingin temukan. Misalnya adalah "Alex", kita ketikkan kata "Alex" dan kemudian klik "Search for this person".



 Berdasarkan pencarian atas nama "Alex" tersedia 1 data, yaitu seseorang bernama "Alex Lilly (Alexandra)" yag dilaporkan hilang. Kemudian kita bisa lihat data lengkapnya dengan masuk dan mengakses data tersebut, klik saja namanya tersebut.
Hasilnya adalah spesifikasi data lengkap tentang seseorang bernama Alex tersebut. Ternyata Alex yang bernama lengkap Alex Lilly (Alexandra) adalah seorang gadis berusia 20-22 tahun yang berambut pendek dengan aksen Inggris. Dilaporkan gadis tersebut hilang dan sedang dicari oleh seseorang bernama Alexander Whitlock yang mungkin memiliki hubungan keluarga atau teman dengan gadis tersebut. Semoga saja mereka bisa menemukannya dan kita berharap orang yang sedang mereka cari dapat segera bertemu.

Itulah layanan gratis yang diberikan oleh Google dalam membantu kita. Terima kasih Google, semoga banyak orang yang dapat bersatu kembali dengan keluarga mereka berkat Google Person Finder ini.



Sumber gambar :

No comments:

Post a Comment