Wednesday, October 26, 2011

Teknologi Pencegah Hujan di SEA Games XXVI


Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan danteknologi (IPTEK), banyak sekali kecanggihan dan perubahan yang bisa kitarasakan manfaatnya. Perkembangan teknologi tersebut kian diupayakan untukmembantu kegiatan kita sehari-hari. Tak ubahnya seperti pesawat sederhana yangmembantu kita dalam melakukan pekerjaan berat menjadi ringan. Rupanya di dalamajang olahraga bergengsi seperti SEA Games juga turut menggunakan teknologi loh…

Teknologi yang digunakan di SEA Games ada beberapa,misalnya adalah teknologi pencatat waktu dan teknologi pencegah hujan. Kalau teknologipencatat waktu masih bisa kita imajinasikan secara logis cara kerjanya, nahyang membuat saya penasaran dan heran adalah dengan cara kerja teknologi pencegahhujan ini, yang akan digunakan agar tidak terjadi hujan ketika SEA Games XXVIberlangsung di Palembang.



Rupanya teknologi pencegah hujan ini adalah tugas dariBadan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Cara kerjanya ternyata adalahmenggunakan 3 buah pesawat, yaitu 2 buah pesawat Casa 212 dan 1 buah pesawatCesna. Sebenarnya pencegahan hujan dilakukan dengan menggeser awan dan mencegahawan yang berpotensi menimbulkan hujan dengan menaburkan bahan higroskopiskurang dari micron ke dalam sistem awan yang baru muncul.

Pesawat Casa 212

Pesawat Cesna

Awan yang baru muncul tersebut biasanya tersusun atas 100butir air persentimeter kubik dengan ukuran masing-masing 10 mikron. Ketika adatambahan uap air, awan akan tumbuh menjadi awan hujan sehingga ukurannyamenjadi lebih besar. Disini peran BPPT tersebut, yaitu dengan membuat awan agartetap stabil.


Seandainya cara ini kurang efektif dan awan masihberkembang menimbulkan potensi awan hujan, maka cara lainnya adalah denganjumping process atau metode proses lompatan. Cara kerja metode ini adalahmemaksa awan segera menjadi hujan supaya tidak terlalu besar dan hujannya nggakderas. Kebalikan dari cara yang pertama, yaitu dengan menaburkan bahanhigroskopis berukuran lebih dari 30 mikron.


Teknologi pencegah hujan menggunakan Doppler weathermobile radar untuk mendeteksi pertumbuhan dan pergerakan awan dan ditambahdengan pesawat versi rain making yang memiliki GPS serta mampu membawa bahansemai berdasarkan target. Kemudian peralatan canggih lainnya, seperti AutomaticWeather Station, pemeriksa suhu dan iklim dan lainnya.

Satu hal yang saya ingin tanya? Berapa biaya yangdikeluarkan untuk semua teknologi pencegah hujan ini ya?


  

Sumber gambar :

No comments:

Post a Comment