Monday, October 17, 2011

Download Emu8086 "Tutorial Jam Digital"


Teknologi makin memudahkan kita dalam kehidupan sehari-hari. Dengan berkembangnya teknologi hampir tidak ada kata impossible di dalam hidup ini (bagi yang mau berusaha tentunya). Kita tentu selalu lekat dengan waktu, tidak bisa dipungkiri waktu memiliki peranan besar di dalam hidup. Mungkin karena alasan inilah diciptakan jam. 
 
Apakah anda pernah mencoba membuat suatu program jam digital? Tidak mungkin? Siapa bilang! Kita juga dapat membuat suatu jam digital sederhana dan unik. Masih ragu juga? Di sini akan kita bahas sampai tuntas tentang pembuatan jam digital sederhana. Kalau mau softwarenya download di akhir postingan ya...... hehehee

Salah satu contoh mudah untuk merancang jam digital, dengan menggunakan simulator misalnya Emulator 8086. Pada Emu8086 bahasa yang digunakan adalah bahasa assembly. Berikut ini contoh listing programnya:


Emu8086 – assembler and microprocessor emulator 4.05:


Original Source Code:


Emulator: noname.com:


Tampilan jam digital dengan menggunakan LED Display:


Namun jam digital ini masih memiliki kekurangan. Port 199 yang berupa LED Display hanya dapat menampilkan 5 digit. Dan karena kapasitasnya sebanyak 2 byte, maka dari 5 digit itu masing-masing memuat 16 bites. Jadi jam digital ini hanya dapat menampilkan 65535 desimal. Dengan kata lain jam digital ini maksimal dapat menampilkan waktu hingga jam ke 6, menit ke 55, dan detik ke 35. Atau berarti jam 06.55.35. Nah, selamat mencoba yaaaa ^^. 

Mediafire Download Link

Size 7.03 MB

Password Protect Mediafire
zheyfive.blogspot.com

No comments:

Post a Comment