Thursday, October 27, 2011

Tips Merawat Flashdisk di Musim Hujan


Tidak terasa waktu berjalan dengan cepat ya, sekarang kitatelah memasuki musim penghujan. Walaupun agak telat, karena biasanya hujan udahdatang bulan Agustus, tapi kini menjelang November baru mulai musim hujan. Mungkinhal ini dikarenakan lapisan atmosfer bumi yang kian rusak akibat berbagai hal,seperti global warming, polusi dan berbagai macam lainnya. Biasanya di musimhujan identik dengan musim datangnya penyakit seperti flu dan demam.

Tak ubahnya seperti manusia yang rentan terhadap musim hujan,berbagai barang elektronik pun juga ada yang rentan terhadap cuaca. Misalnya ajagadget yang sering kita pakai… yaitu Flashdisk. Flashdisk kini banyak digunakankarena praktis, simple, murah, mudah didapat dan memiliki kapasitas yang cukupbesar dalam menyimpan file. Flashdisk pun juga memiliki ketahanan terhadapcuaca.


Dalam musim hujan, sebaiknya flashdisk disimpan baik-baikdan usahakan selalu ditutup saat sedang tidak digunakan. Mengapa? Hal ini dapatmengurangi risiko rusaknya komponen yang terdapat dalam flashdisk, ketikasedang kita gunakan, flashdisk akan bekerja, dan komponen dalamnya akanmenghasilkan panas akibat energi listrik yang masuk dan keluar melalui arusbolak-balik komponen tersebut.


Kemudian ketika selesai kita gunakan, kita langsung copotflashdisk tersebut, maka suhu yang akan dialami oleh komponen akan berubah. Sebaiknyalangsung tutup flashdisk tersebut agar perubahan suhu yang dialami oleh komponenberubah atau menurun secara perlahan.

Seandainya kita lupa menutupnya dan waktu itu lagi hujanderas, maka perubahan suhu akan terjadi secara drastis, dari panas menjadidingin. Akibatnya jika sering terjadi seperti itu, komponen dalam Flashdiskakan mudah rusak, sehingga flashdisk tersebut bisa saja tidak dapat kitagunakan lagi. Untuk mengantisipasi akan risiko tersebut, ada baiknya jika kita lakukantindakan pencegahan.



Itulah informasi yang dapat saya share seputargadget, khususnya flashdisk dalam menghadapi musim penghujan ini. Biasanyabarang elektronik juga ada yang rentan terhadap perubahan suhu. Jadi,perhatikan gadget kesayangan anda ya… 



Sumber gambar :

No comments:

Post a Comment