Tuesday, October 11, 2011

Doodle Google Peringati Art Clokey

DOODLE GOOGLE : ART CLOKEY'S 90TH BIRTHDAY


Hari ini ketika saya lagi mau internetan, pasti di browserMozilla Firefox saya akan ditampilkan halaman Google sebagai halaman beranda. Jadisecara nggak sengaja, saya liat ada yang aneh dari tampilan Doodle Google hariini, yaitu adanya animasi tanah liat di Doodle Google tersebut dengan tulisandiatasnya berupa Art Clokey’s 90th Birthday.

 
 Setelah saya cari di Google, ternyata hari ini adalahhari ulang tahun dari seorang animator terkenal yang bernama Arthur Clokey. Berkatkarya seninya, ia juga disebut sebagai Art Clokey. Art Clokey lahir pada tanggal12 Oktober 1921, ia terkenal atas hasil karyanya tentang animasi tanah liatgerakan berhenti. Awalnya adalah dengan menggunakan proyek Gumbasia yaitusebuah percobaan film.



Dari percobaan atau proyek film Gumbasia ini, dikenal duatokoh yaitu Gumby dan Pokey yang menjadi ikon di TV. Tokoh Gumby akhirnyamenjadi terkenal berkat beberapa seri Howdy Doody, kemudian The Adventures ofGumby. Bahkan juga terkenal ketika dirilisnya film Gumby 1990 : The Movie. SelainGumby dan Pokey, juga ditambahkan dua karakter baru yaitu, Davey dan Goliat.


Karena hasil karya dari Art Clokey ini cukup bagus danmenghibur, maka Nickelodeon juga turut menampilkan karakter-karakter ciptaanClokey dalam filmnya. Hasilnya dalam beberapa penampilan saja sudah bisamembuat para penonton terkenang dan terhibur. Sehingga Clokey bisa meraihsukses dalam karya seninya. Ia memang menyukai seni berkat ayah angkatnya yangjuga merupakan seorang seniman.





Setahun lalu, tepatnya pada tanggal 8 Januari 2010, ArtClokey meninggal dalam keadaan tertidur. Art memang sedang sakit dan menderitainfeksi kandung kemih. Walaupun Art Clokey sudah pergi, namun hasil karya Artakan tetap terkenang. Karena seorang seniman sejati akan terus hidup di dalamkarya seninya. "Art will always  life". 

No comments:

Post a Comment