Monday, October 10, 2011

Memetik Nilai Psikologis dari film "Colombiana"

COLOMBIANA : VENGEANCE IS BEAUTIFUL
 


Kemarin siang sekitar jam 12, saya bersama keluargamenonton film Colombiana di Plaza Blok M. kebetulan film Colombiana tersebut mulainyajam 1 kurang, jadi saya memesan tiket sambil mencari jajanan. Salah satu yangdapat kita petik dari sebuah film adalah hikmah dan makna yang terkandung dalamfilm tersebut. Beberapa film menjelaskan dan memberikan makna yang berhargabuat hidup kita.

Dalam film Colombiana kita bisa mengambil hikmah ataspengaruh masa lalu seseorang terhadap tingkah laku dan gaya hidupnya di masadepan. Jika seseorang mengalami masa lalu yang kurang menyenangkan dan pahit,serta suram, maka mungkin saja di masa depannya ia akan mengalami berbagaitekanan psikologis dan batin. Serta ada kemungkinan juga ia bertindak danbersikap yang kurang baik, bahkan menuju ke arah kriminalitas.


Itulah yang terjadi di dalam film Colombiana ini, seorangwanita bernama Cataleya Restrepo mengalami masa kecil yang sangat mengerikan,ketika berusia Sembilan tahun, Cataleya menyaksikan kedua orang tuanya dibunuhsecara sadis oleh mafia. Cataleya beruntung dapat melarikan diri dan kabur keAmerika. Di Amerika, Cataleya ditampung oleh pamannya yang bernama Emilio,seorang gangster juga.

Hari demi hari berganti, tahun demi tahun berlalu, namundendam di hati Cataleya semakin membara. Ketika Cataleya berusia 22 tahun, iabekerja sebagai pembunuh bayaran untuk pamannya sendiri. Setiap Cataleyamembunuh seseorang, ia pasti akan memberikan tanda berupa anggrek di dadakorbannya, sebagai pesan dendam untuk pembunuh kedua orang tua Cataleya.



Dalam beberapa pekerjaannya membunuh orang, Cataleyatetap menyelidiki identitas pembunuh kedua orangtuanya. Cataleya bahkanmembunuh beberapa anggota mafia di Bogota. Cataleya bertekad ia akan melakukansegala cara untuk dapat membalaskan dendamnya kepada pembunuh keduaorangtuanya, walaupun ia harus kehilangan segalanya. Cataleya tidak peduli lagidengan apapun, yang terpenting adalah kematian sang pembunuh kedua orangtuanya.



  
Itulah yang akan terjadi kepada orang, bukan hanyaCataleya saja, tetapi jika kita memiliki masa lalu yang mengerikan, maka tidakmenutup kemungkinan bahwa kita akan memiliki tekanan psikologis yang membuatkita akan menjadi berbeda dan mengerikan. Kepribadian dan tingkah lakuseseorang juga dipengaruhi oleh masa lalunya.



Trailer video Colombiana dari Youtube :
Sumber gambar :

No comments:

Post a Comment